Skip to main content

Alat-alat Olahraga Tinju

Alat-alat Olahraga Tinju

           Dalam sebuah cabang olahraga pastinya ada sebuah alat penunjang bagi atlet / olahragawan dalam bertanding maupun melakukan latihan,hal itu dikarenakan agar mereka terbiasa dan lebih siap dalam melakukan pertandingan di cabang olahraga yang digelutinya. Begitu pula dengan olahraga tinju, walaupun banyak alat-alat pada olahraga tinju dibawah ini alat-alat yang harus dimiliki/harus ada dalam olahraga tinju : 

1. Samsak

Samsak merupakan alat yang harus dimiliki dalam latihan tinju. Alat ini mempunyai beragam jenis dan model tergantung dengan selera masing-masing petinju. Yang jelas kualitas ukuran serta bahan yang ada di dalam samsaklah yang menjadikan harga dari samsak itu sendiri berbeda-beda. Samsak memang snagat diperlukan dalam latihan tinju karena samsak sebagai salah satu alat yang dijadikan sasaran dari pukulan dan meningkatkan kerasnya pukulan seorang petinju.


2. Tali Skipping

Tali skipping sangat diperlukan dalam olahraga tinju terutama dalam melatih stamina, kelenturan tubuh dan juga otot-otot sang petinju. Bagi seorang petinju memiliki alat ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki. Alat ini bisa tergolong tidak mahal mungkin untuk tali skipping dengan kualitas yang bagus bisa di beli hanya dengan uang seratus ribu rupiah. Selain melatih stamina alat ini juga berfungsi untuk menambah daya kelincahan seorang petinju ketika berada diatas ring.


3. Punch Mitt / Path

Punch mitt merupakan salah satu alat yang biasa dipakai oleh para pelatih tinju. Alat ini mirip dengan bantal namun posisinya berada di tangan seorang pelatih. Fungsi alat ini adalah untuk mengarahkan pukulan dan meningkatkan kecepatan pukulan.


4. Head Guard









Head guard memang terbilang sangat jarang dipakai untuk tinju kelas professional, yang sering kita lihat head guard dipakai oleh para petinju amatir yang ada di Indonesia. Head guard merupakan alat latihan standar yang sering dipakai oleh para petinju. Fungsi utama alat ini adalah mengurangi resiko cidera yang akan diderita oleh para petinju ketika sedang latihan maupun pertandingan di kelas amatir.


5. Hand Wrap

Alat ini mirip dengan kain panjang yang dililitkan di atas lengan seorang petinju alat ini bisa terbilang sangat sederhana namun wajib dimiliki oleh seorang petinju. Alat ini berfungsi untuk mengurangi resiko dari pergeseran tulang dan otot saat melesatkan pukula seorang petinju.



6. Sarung Tinju / Gloves

Sarung tinju digunakan setelah seorang petinju menggunakan hand wrap. Sarung tinju sendiri memiliki berat yang berbeda-beda tergantung berat badan seorang petinju. Berat sarung tinju sekitar 12 ons kecuali berat badan dibawah 165 pound,sehingga memungkinkan petinju untuk menggunakan sarung tinju seberat 10 ons.


7. Pelindung Gigi / Gamsil
gamsil digunakan pada gigi petinju tujuannya agar meminimalisir cidera pada mulut teritama gigi, bentuknya menyerupai gigi dan dipakai pada gigi bagian atas dan biasanya terbuat dari karet.Meskipun bentuknya kecil tanpa gamsil seorang petinju akan mengalami cidera dibagian mulut bahkan gigi akan lepas/patah dan mengalami pendarahan. 



8. Pelindung Kemaluan / Groin Protector

Groin protector digunakan untuk Melindungi kemaluan petinju dari pukulan lawan,walaupun dalam olahraga tinju tidak diperbolehkan memukul bagian tubuh dibawah perut petinju diwajibkan memakai groin protector guna mengantisipasi jika pukulan lawan mengenai bagian kemaluan.

9. Ring


Di level Profesional ring tinju berukuran 5,49 hingga 7,42 meter (diukur dari utara ke selatan ring). Sedangkan untuk di level amatir ukurannya berkisar 4,9 meter hingga 6,1 meter , ukuran ring di level amatir di bedakan agar petinju matir mudah menyesuaikan diri jika sudah di level profesianal.

Comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tekni-Teknik Memukul Olahraga Tinju ( Boxing Punching Techniques )

Tekni-Teknik Memukul Olahraga Tinju ( Boxing Punching Techniques ) 1. JAB pukulan lurus dan cepat dengan tangan utama(biasanya menggunakan tangan kiri namun bisa juga dengan kanan apabila seseorang tersebut kidal) yang disertai dengan putaran badan dan pinggul kecil searah jarum jam 90 derajat.Saat pukulan mencapai titik terjauh, dagu bersembunyi diantara pundak dan lengan untuk menjaga dagu. Dan posisi tangan belakang tetap pada samping wajah untuk menjaga rahang, setelah lakukan pukulan dengan lawan posisi tangan utama kembali pada posisi penjaga untuk menjaga wajah.Pukulan Jab adalah pukulan paling penting dan paling sering digunakan karna pukulan jab adalah pukulan yang memiliki jangkauan terjauh dan tidak memerlukan kekuatan penuh, dengan begitu pukulan ini bisa digunakan untuk mengukur jarak pukulan ,mengintimidasi pergerakan lawan ,membongkar pertahanan lawan dan untuk pertahanan. 2. CROSS / STRAIGHT   Pukulan kuat lurus kedepan dengan tangan belakang dari da

Nama-Nama Petinju Terbaik Di Era Modern (Best Boxer In Modern Era)

Petinju Terbaik Di Era Modern (Best Boxer In Modern Era)                 Jika dahulu olahraga bela diri tinju hanya dikuasai oleh sebagian negara di Eropa maupun Amerika.Di era Modern saat ini banyak sekali lahirnya bintang-bintang baru dan sangat berbakat muncul di olahraga tinju dari berbagai negara di dunia,hal ini menjadikan betapa di era modern ini sangat ketatnya persaingan di semua kelas dalam olahraga ini,hal ini mungkin ditunjang dengan pendapatan seorang petinju yang menggiurkan di setiap pertandingannya .Ditambah lagi saat ini olahraga tinju sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dunia. Berikut ini adalah nama-nama petinju terbaik 2017 di berbagai kelas :    1. Anthony Joshua (Kelas Berat / heavyweight) Pria kelahiran 15  Oktober 1989 (27 tahun)  yang sering di sapa AJ ini adalah petinju asal Inggris yang m eraih e mas kelas berat super di Olimpiade London 2012 dan juga penyandang  dua sabuk juara dunia atau lebih sejak kali terakhir dilakukan Le